Ketika Statistik Dijadikan Senjata

Empat Belas

Sebenarnya bingung hari ini mau nulis apa. Terus kepikiran, sekarang-sekarang lagi baca buku tentang visualisasi data, terus kepikiran statistik dan beberapa kejadian unik yang sering terjadi di tengah-tengah kita. Jadi, apa itu statistik? Kalau menurut KBBI:

/sta·tis·tik/ n 1 catatan angka-angka (bilangan); perangkaan; 2 data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

Sebelum berbentuk statistik, angka-angka tersebut masih berupa data kasar (raw data), dan biasanya raw data tidak memberikan informasi apapun terhadap kita selain angka-angka yang sangat banyak dan nggak jelas. Ketika sudah dijadikan sebuah statistik, pembaca dapat mengambil sebuah insight yang merepresentasikan seluruh– kalau bukan sebagian besar– raw data yang diolah.

Idealnya, statistik hanyalah statistik, untuk memberikan insight, bukan untuk menghakimi seseorang atau sekolompok orang. Akan tetapi, seringkali kita melihat statistik disalahgunakan sebagai senjata baik untuk mendukung/menjatuhkan seseorang ataupun sekelompok orang. Statistik dapat dijadikan senjata dengan memanipulasi variabel yang dapat berdampak besar terhadap objek-objek yang dijadikan perbandingan. Sebagai contoh, saya akan mengambil salah satu gambar dari tweet terkait sepakbola berikut ini.

deqj1d7uwaacsb2

This is so wrong. Pada statistik diatas, pembelian terbaru Arsenal, Alexandre Lacazette dibandingkan dengan salah satu super-sub Arsenal, Olivier Giroud. Kenapa saya berargumen bahwa statistik tersebut tidak valid? Karena, menilai jam terbang seorang pemain bola dari jumlah pertandingan yang dimainkan bukanlah sebuah parameter yang tepat. Satu pertandingan sepakbola memiliki durasi kurang lebih 90 menit waktu kotor dan tambahan waktu. Dengan memasukkan parameter jumlah pertandingan sebagai perbandingan, maka diasumsikan total waktu bermain juga sama. Padahal, pada faktanya, Giroud lebih sering bermain sebagai pemain pengganti. Hal ini dapat terbukti berdasarkan artikel ini yang memaparkan bahwa total waktu bermain Lacazette adalah 2408 menit, sedangkan Giroud hanya 1198 menit.

Selain waktu bermain, perlu ditinjau juga keketatan kompetisi liga masing-masing klub dan gaya bermain masing-masing klub. Karena saya tidak terlalu mengikuti Liga Perancis, saya tidak dapat berargumen mengenai perbedaan tekanan perbandingan di liga tersebut dan Liga Inggris. Saya hanya dapat berargumen kalau gaya bermain Arsenal musim lalu tidak terlalu mendukung Giroud yang dominan di udara. Banyak sekali pertandingan yang ketika Giroud sudah berada di lapangan, jarang ada crossing yang akurat ke dalam kotak pinalti. Terkadang, Giroud hanya masuk ke kotak pinalti hanya untuk berlari mundur kembali karena bola berpindah tangan ke kubu lawan. Fans Arsenal kerap menjadikan Giroud kambing hitam karena ia bukanlah tipe striker yang flashy seperti Messi yang dapat mengobrak-abrik pertahanan lawannya sendirian. Hal tersebut tentu adalah kelemahan Giroud, tetapi ketika ia ditopang oleh gaya bermain yang baik, seperti ketika ia bermain di timnas Perancis, ia dapat menjadi target man yang efektif. Kelemahannya tersebut dapat ditutupi oleh sistem yang mengitarinya.

Hal-hal diatas yang membuat saya statistik tim/pemain di sepakbola adalah salah satu bentuk media atau orang dalam menghakimi suatu/seorang tim/pemain, padahal kondisi tim/pemain tersebut berbuat lebih dari yang statistik itu sajikan. Ini merupakan penyalahgunaan dari statistik. Seharusnya statistik digunakan untuk memberikan insight, bukan untuk menyebar keberpihakan. Maka dari itu, yuk, gunakan statistik sebagaimana seharusnya. Jangan kita manipulasi parameter-parameter dari suatu statistik sehingga akan condong ke suatu pihak yang sedang dibandingkan di statistik tersebut.

Advertisements

Leave a Reply - No foul language and spam please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s