Hanya Es

Enam Belas

Wahai kawan, tahukah engkau apa itu es?
Benar, es adalah air yang berwujud padat
Tetapi, itu bukanlah es yang aku maksud di post ini
Lalu, es yang bagaimana?

Aku tahu, kawan, aku bukanlah orang yang straightforward
Aku senang menyampaikan sesuatu secara implisit
Coba engkau pikirkan baik-baik
Kata apa yang berhubungan dengan “hanya es”?
Coba translasikan ke dalam berbagai bahasa
Kelak engkau akan menemukannya

Wahai kawan, sudah lama engkau memikirkannya
Apakah engkau sudah menemukan jawabannya?
Benar, yang saya maksud dari “hanya es” di judul post ini
adalah sebuah kata utuh hasil translasi ke bahasa Inggris
dari kedua kata tersebut, yaitu justice
Yang berarti, keadilan

Aku tahu, kawan, dunia ini tidak sempurna
Tidak selamanya kita dapat merasakan keadilan, karena
Terkadang kita merasa hak-hak kita direbut oleh orang lain
Di saat itu, sungguh, keimanan dan kesabaran kita sedang diuji
Aku berharap, hak-hak kita yang pernah direbut orang lain
Lambat laun akan kembali kepada kita

Wahai kawan, aku juga terkadang bingung
Bagaimana untuk menghadapi ketidakadilan
Di muka bumi ini, di dunia ini
Tetapi aku teringat, di dunia ini mungkin ketidakadilan bisa merajarela
Akan tetapi, di pengadilan akhir nanti, keadilan pasti akan ditegakkan


Bukan orang sastra atau penikmat sastra secara serius, jadinya hybrid cerita dibuat kepuisi-puisian aja deh.
Dedicated untuk Kak Ans yang baru saja mengalami musibah.
Semoga barang-barang yang hilang digantikan dengan yang lebih baik dan dinaikkan derajatnya sebagai seorang manusia karena kesabaran dalam menghadapi musibah ini, ya!
Leave a Reply - No foul language and spam please :)

