Jurnal ketua kaderisasi, September 2013

1 – 8 September 2013

Well, setelah terpilih menjadi ketua kaderisasi, esok harinya kami langsung mempersiapkan stand OHU (Open House Unit), dimana mestinya saya datang jam setengah lima untuk membantu persiapan akan tetapi karena satu dan lain hal saya baru datang jam setengah delapan. Akan tetapi, saya tidak meninggalkan kesempatan pawai unit di boulevard. Dengan sedikit usaha, saya berhasil mendapatkan busur saya yang tadinya sedang dipajang di basement CC timur untuk pameran barang-barang milik unit.

Hal yang menarik dari OHU ini? Yang daftar Pasopati 340~an orang dan yang bayar full sudah 116an orang di HARI PERTAMA OHU! Hal ini sangat membahagiakan karena tahun-tahun sebelumnya belum pernah sebanyak ini.

Minggu-minggu yang tadinya terasa ringan mulai terasa berat dengan hecticnya pekerjaan-pekerjaan seperti osjur dan tugas-tugas. Terlebih lagi, kami harus mengadakan rapat dan sangat sulit untuk mengkoordinasikannya karena semua memiliki urusan masing-masing.

Fast forward ke hari Sabtu, 7 September 2013, kami mengadakan kumpul perdana bersama CaPaso 2013. Yang datang hanya sekitar 70-90an orang karena ada acara seminar motivasi bagi 4 fakultas yang lain. Huh, LTPB tahun ini sangat mengganggu urusan kaderisasi unit, terutama yang menggunakan waktu di Sabtu dan Minggu, menyebalkan. Denger-denger sih, seminar motivasi ini adalah pengganti matrikulasi yang tahun ini hanya diperuntukkan mahasiswa bidik misi, sedangkan mahasiswa undangan dan tertulis tidak mendapatkannya. Padahal menurut saya, matrikulasi ini adalah sarana yang sangat baik untuk menciptakan teman baru di kampus Ganesha ini.

Hari pertama tidak kami isi dengan latihan, melainkan hanya interaksi antara peserta dan panitia. Kami dibagi menjadi kelompok-kelompok dan disitu peserta berkenalan satu sama lain. Panitia juga mengenalkan dirinya. Hari pertama berjalan cukup lancar. Hari Minggunya kami tidak adakan latihan karena kami butuh sekedar simulasi untuk latihan bersama 2013 Sabtu depannya.

9 – 15 September 2013

Minggu ini, persiapan kami sedikit kurang. Ketika latihan perdana, kami tidak memiliki korlap resmi sehingga timing pun sedikit berantakan. Seperti biasa, kami rapat sekitar 2-3 kali seminggu dan yang datang itu lagi, itu lagi, karena yang lain kebanyakan sibuk osjur, tutorial, dan sebagainya. Saya sendiri sempat kelabakan karena saya meninggalkan rapat yang membicarakan tentang teknis lapangan pada hari Kamis, 12 September 2013. Pada hari itu, angkatan ca-HMIF 2012 sedang mengadakan “advokasi”. Sebenarnya bukan advokasi yang ditekankan, akan tetapi bagaimana kepedulian teman seangkatan dengan seseorang yang sedang “diadili” didepan massa himpunan.

Ya, pada hari itu saya tidak ikut rapat. Akan tetapi sekitar jam 10an, saya izin ke toilet dan melihat teman-teman saya baru saja kelar rapat. Saya pun mengambil (baca: mencuri) waktu untuk berbincang-bincang dengan mereka sebentar. Hasilnya cukup baik, teklap sudah jadi, padahal saya tidak memberikan komando secara khusus. Satu hal yang perlu saya perbaiki antara lain adalah itu, saya selaku ketua harus selalu memberikan komando kepada setiap rekan-rekan kerja saya supaya tidak loss control.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, hari Sabtu itu kami tidak memiliki korlap resmi (Hendro memegang job time keeper, tapi tidak resmi) sehingga ada momen di lapangan dimana kami bertanya-tanya apakah yang harus dilakukan setelah suatu kegiatan. Ya, itulah koreksi utama dari kami pada hari itu. Hari minggunya, kesalahan kami antara lain memprint kertas teklap dan membagikannya, padahal seharusnya hanya korlap yang memegangnya. Selain itu, kami juga diwajibkan untuk membuat kuorum panitia, supaya keberjalanan latihan dapat terkontrol, tidak kekurangan SDM.

Seiring waktu berjalan, kami harus memperbanyak rapat untuk mengesahkan banyak hal, seperti materi-materi, metode-metode, dan SOP untuk panitia dan non-panitia. Minggu depan adalah minggu yang lebih berat.

16 – 22 September 2013

Untuk minggu ini, saya terpaksa tidak dapat membantu melatih 2013 karena ada TCP (Training Calon Pengurus) di CIC, Lembang. Sempat cemas-cemas khawatir juga, tapi untungnya semua berjalan cukup lancar menurut hasil evaluasi.

23 – 30 September 2013

Minggu ini berjalan cukup berat. Kami berniat mengadakan audiensi materi dan metode pada hari Rabu, 25 September 2013. Akan tetapi, karena miskomunikasi dan lain hal, akhirnya audiensi dibatalkan dan kami meninjau ulang semua materi dan metode yang akan digunakan nantinya. Saya mengapresiasi rekan-rekan saya yang bereaksi dengan sigap sehingga materi dan metode bisa dirampungkan (kecuali timeline) dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam sejak audiensi dibatalkan. Hari Sabtu kemarin berjalan cukup lancar, beberapa hal yang disorot adalah interaksi antara panitia dan peserta, dimana ada panitia yang merasa tidak enak jika ketika peserta melakukan push-up sedangkan panitia berdiri dan memberi semangat. Saya sendiri lebih senang push-up sambil memberi semangat, tapi panitia selaku pelatih seharusnya juga membenarkan posisi push up peserta yang masih salah. Keesokannya, hari Minggu, kami mengadakan games-games yang menitikberatkan untuk mempererat hubungan mereka satu sama lain sebagaimana semestinya, karena mereka pada hakikatnya adalah satu angkatan. Setelah games-games yang menurut kami cukup membuat mereka menghilangkan keejnuhan dari series of push-up, sikap T, dan tarik busur, kami mengadakan workshop yang berisikan bagaimana caranya memasang target face. Tidaklah sulit, hanya diperlukan target face dan kardus-kardus untuk melakukannya, dan lem fox yang sedikit diencerkan. Setelah itu, ada pemilihan mami-papi untuk 2013 yang akhirnya terpilih dalam kurun waktu yang cukup cepat, saya sendiri terkejut ketika kurang dari 10 menit sudah terpilih pasangan mami-papi. Salut untuk 2013 yang dapat memaksimalkan waktu yang telah diberikan.

Leave a Reply - No foul language and spam please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s