Setiap awal pasti memiliki akhir – Flashback 2014

PROLOG

Akhirnya, tahun ini akan berakhir 12 hari dan 3 jam lagi. Orang-orang kerap menanalogikan tahun baru dengan lembaran baru dalam suatu buku. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan tersebut. Menurut saya, ada hal yang lebih penting daripada sekedar lembaran baru, yaitu pembelajaran. Apa yang telah kita lewatkan di tahun ini haruslah memiliki impact bagi diri kita di masa depan, terutama impact yang positif. Belajar tidak hanya sebatas membaca buku. Belajar yang paling penting adalah belajar dari setiap aspek kehidupan yang kita jalani sehari-hari. Mungkin karena itulah, kalimat berikut tidak asing di masyarakat, “Orang yang lebih tua, lebih banyak pengalaman”, walaupun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki pengalaman di banyak hal, tetapi tidak menguasai pengalaman-pengalaman tersebut. Disisi lain, ada orang yang memiliki pengalaman hanya di beberapa hal, tetapi ia menguasai pengalaman-pengalaman tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengambil pembelajaran dari setiap hal yang kita lakukan setiap harinya.


 

Januari

Sudah memasuki tahun baru, ya. Sayang sekali, aku tidak memiliki waktu banyak untuk tetap tinggal di Jakarta. Aku kembali ke Bandung tanggal 3 karena harus mempersiapkan latihan intensif kaderisasi dan pelantikan untuk calon anggota Pasopati angkatan 2013. Banyak sekali hal-hal yang sesuai dengan harapanku. Teman-temanku yang selama semester 1 tidak dapat membantu kaderisasi karena kesibukan masing-masing, kini datang untuk membantu keberjalanan latihan intensif. Hari demi hari berlalu, hingga akhirnya sampai pada acara puncak, yaitu pelantikan pada tanggal 18-19 Januari 2014, di Bumi Perkemahan Kiara Payung. Dari 34 anggota yang dilantik, 21 diantaranya datang pada rangkaian acara tersebut. Besoknya, perkuliahan di semester 4 dimulai.

Februari

Beberapa tugas kuliah mulai keluar. Yang paling pertama adalah IF2211 Strategi Algoritma. Peserta kuliah disuruh untuk membuat Sudoku Solver dengan menggunakan bahasa C/C++, dengan waktu pengerjaan selama dua minggu. Hasilnya kurang memuaskan karena penulisan kode yang sangat acak-acakan sehingga sulit untuk menemukan sumber bug. Di bulan ini juga panitia kaderisasi Pasopati 2013 resmi dibubarkan setelah Laporan Pertanggungjawaban selesai. Banyak hal-hal yang aku pelajari selama kurang lebih 6 bulan tersebut, tetapi yang paling penting bagiku adalah kepemimpinan dan komunikasi. Adapun tugas-tugas kuliah mulai ramai bermunculan, yang paling shocking adalah Tugas Besar IF2211 Strategi Algoritma (lagi), dimana peserta kuliah disuruh membuat game Treasure Hunter dengan menggunakan algoritma greedy.

Maret

Bulan ini, unit Pasopati mengadakan Home Tournament yang diikuti oleh massa Pasopati yang berminat. Aku kalah sama adek kelasku, malu sih, tapi disisi lain juga bangga :p. Selain event tersebut, bulan-bulan ini dipenuhi dengan UTS dan tugas-tugas besar lainnya, diantaranya Tugas Besar IF2210 Pemrograman Berbasis Objek, IF2220 Teori Bahasa Formal dan Otomata, dan IF2211 Strategi Algoritma (lagi, bosen gak sih?). Ohya, selain itu, di bulan ini juga mulai nyobain ikut turnamen-turnamen Dota 2 seperti GMPGL (Gigabyte Mineski Pro Gamign League).

April

Di bulan ini, aku belajar bahwa seorang pemimpin tidak hanya harus mencapai tujuannya, akan tetapi ia juga harus menjaga perasaan anggotanya. Di bulan ini, aku belajar bahwa orang yang telah lulus adalah raja di ITB. Di bulan ini, aku belajar bahwa ketika aku menjadi pemimpin di manapun kelak, aku harus mencapai tujuanku dan menjaga perasaan anggota-anggota timku secara konkuren. Di bulan ini, aku belajar pentingnya menyendiri untuk sementara waktu. Di bulan ini, aku sadar bahwa pepatah “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga” itu memang benar, walaupun sebenarnya tidak logis untuk memandang jelek sesuatu hanya karena satu event.

Mei

Karena serangkaian event yang terjadi di bulan April, aku memiliki niat untuk sebuah perubahan. Akan tetapi, hati kecilku berkata lain. Bagaimana mungkin aku, yang sudah mulai membenci sesuatu, harus mengajarkan orang untuk mencintai sesuatu tersebut? Niat itupun hilang, seiring berjalannya waktu. Tugas-tugas besar berlalu, dan hingga UAS pun berlalu. Di akhir bulan Mei, Pasopati mengadakan pemilihan ketua kaderisasi. Akhirnya, aku merasakan apa yang kakak-kakak tingkat rasakan tahun lalu, ya saat yang sama– melakukan musyawarah pemilihan ketua kaderisasi.

Juni

Setelah sekian lama, diketahui bahwa nilai OOPku adalah T karena tidak mencapai kriteria kelulusan. Karena dosennya sangat baik hati, diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai tersebut dengan membuat game Minesweeper. Hasilnya sih lumayan, dan hitung-hitung itu adalah program GUI yang murni buatan sendiri untuk pertama kalinya waktu itu. Soalnya, sebelum-sebelumnya tidak pernah menyentuh bagian GUI saat Tugas Besar. Di bulan ini pula, aku mengambil semester pendek IF2123 Aljabar Geometri. Kesibukanku selain akademik di bulan ini adalah mengikuti turnamen Page Premier League, dimana di bulan ini timku berhasil mengalahkan ex-RRQ player, KoaLa. Highlightsnya dapat dilihat di: http://www.youtube.com/watch?v=jRJRieUYwJU

Juli

Tidak banyak hal yang dapat diceritakan disini, beberapa event-event penting mungkin diantaranya, untuk pertama kalinya bertemu ThePrime.SIAPA!? dan Zero Latitude, dua tim besar saat itu di Page Premier League Group Stage. Aku juga menyelesaikan semester pendek untuk Aljabar Geometri pertengahan bulan ini. Setelah itu, aku kembali ke Jakarta untuk menikmati sisa liburan.

Agustus

Menjelang akhir bulan Ramadan, aku mengikuti turnamen Lynx, dimana timku dikalahkan Mahameru dan hanya mendapatkan peringkat empat. Setelah itu, waktu berlalu tanpa ada event yang cukup menarik, hingga akhirnya kembali ke Bandung untuk mengikuti perwalian dan membantu mempersiapkan Open House Unit Pasopati. Akhir Agustus, perkuliahan Semester 5 akhirnya dimulai (lagi). Saat sudah mulai masuk, tiba-tiba aku memiliki keinginan. Keinginan untuk menjadi pemimpin yang baik, atau at least, mencoba. Aku juga tidak ingin adik-adik kelasku merasakan kekesalan yang aku rasakan saat bulan April kemarin. Bagiku, membuat orang lain tidak menderita seperti kita adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Kalau kata teman-temanku, “take one for the team“. Baiklah, aku sangat kesal bulan itu, tapi adik-adik kelasku tidak boleh merasakan hal yang sama. Tanggal 31 Agustus, diadakan Open House Unit, dan seperti biasa, Pasopati pendaftarnya 300+!

September

Bulan ini, niatku bulat. Aku naik menjadi ketua Home Tournament himpunanku dengan beberapa niat. Niat pertama, seperti yang telah kubilang tadi, mencoba belajar untuk menjadi pemimpin yang baik. Niat kedua, mengenal adik-adik angkatan. Niat ketiga, mempererat persahabatan antarangkatan. Untuk mewujudkan niat-niat tersebut, aku dibantu oleh teman-teman panitia yang lain. Selama keberjalanan Home Tournament, aku mencoba untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman panitia yang lain. Aku tidak tahu apa tanggapan mereka tentangku, aku hanya ingin mencoba yang terbaik. Aku tidak ingin membuat mereka merasa terbebani, aku tidak ingin membuat mereka kesal, akan tetapi disaat yang sama, aku juga ingin tugas-tugas yang kuberikan ke mereka selesai. Aku mulai mengenal beberapa adik tingkat karena aku membutuhkan liaison officer untuk tiap-tiap angkatan. Adapun hal seru lainnya bulan ini adalah pemilihan ketua Pasopati dan acara internal Pasopati– menginap di villa Lembang. Saat paginya, kami melakukan tracking ke curug sekitar. Melelahkan, tapi memuaskan di saat yang sama.

Oktober

Akhirnya, pada bulan ini Home Tournament resmi berakhir. Saat mengetahui aku mendapatkan award “of the month” di himpunan, yang terpikir olehku pertama kali bukanlah kesenangan dan kebanggaan diri. Akan tetapi, aku terpikir bahwa aku tidak akan mendapatkan award itu tanpa bantuan teman-teman panitia lainnya dan dukungan kakak tingkat dari divisi Pengembangan Minat dan Bakat. Saat aku bertanya secara pribadi ke teman panitiaku apakah aku membuat mereka kesal atau pernah berbuat salah, ia menjawab bahwa aku sebaiknya tidak overthink soal hal tersebut. Aku mengiyakan, walaupun sebenarnya hatiku berkata lain. Tentu saja aku harus memastikan bahwa tidak ada teman-teman panitia yang merasa tidak enak, kalau tidak, maka niat pertamaku lantas akan hangus begitu saja.

Di bulan ini juga, aku resmi menjadi ketua divisi Komunikasi Informasi (Kominfo) Pasopati periode 2014-2015. Alasanku ingin menjadi salah satu bagian dari Badan Pengurus adalah karena aku sudah pernah menjadi ketua dan teman-teman angkatanku di Pasopati mendukung dengan sepenuh hati, kini giliranku untuk mendukung dengan sepenuh hati.

Di bulan ini, timku mengikuti Master Gaming Series October, yaitu turnamen yang diselenggarakan oleh Qeon, sebuah warnet di Jakarta. Kami mencapai 8 besar dan dikalahkan oleh ThePrime.SIAPA!? (lagi).

 

Event perkuliahan lainnya? Mungkin tugas besar dan UTS, seperti biasa.

November

Apa saja hal-hal seru di bulan ini? Hmm, menurutku yang patut dijadikan highlights adalah Coaching Clinic Panahan yang diorganisir oleh panitia Olimpiade KM-ITB, lalu makrab Pasopati yang diorganisir oleh Capaso 2014 (mungkin makrab teramai yang pernah ada di Pasopati), dan Pasovilla di villa kakak tingkat di Lembang. Di bulan ini juga, ada 1-2 minggu vakum dari tugas besar. Aneh sekali apabila ada suatu momen yang kosong, tidak ada tugas. Mungkin karena sudah terlalu sering diberikan tugas. Ternyata, pada minggu terakhir bulan ini diberikan tugas-tugas besar yang cukup masif!

Desember

Di bulan ini, deadline tugas-tugas besar sangat banyak. Ada IF3130 Jaringan Komputer, ada IF3170 Intelijensi Buatan, ada IF3150 Manajemen Proyek Perangkat Lunak, ada IF3140 Manajemen Basis Data, ada IF3110 Pemrograman Berbasis Web, dan yang terakhir IF3151 Interaksi Manusia Komputer. Tidak hanya itu, deadline tugas 3 WBD dan tugas MBD terletak di hari akhir UAS. Sehingga, setelah UAS MPPL selesai, Labdas 3 dan Sekre menjadi pasar. Setelah selesai mengejar deadline MBD jam 10 malam, semua langsung mengejar deadline WBD untuk besoknya, yaitu jam 7 pagi. Overall, semester ini cukup menyenangkan :)

Selain itu, timku juga masuk 16 besar di Master Gaming Series Desember sebelum dikalahkan juara bertahan, O2F. Di kompetisi lainnya, timku meraih peringkat pertama di Joindota League Season 4.


EPILOG

“To destroy something is easy. But to create something that lasts… is a challenge.”-Cairne Bloodhoof, World of Warcraft

Tahun 2014 memberiku banyak pelajaran. Persahabatan, loyalitas, komitmen, dan yang paling penting… kepemimpinan. Seiring berkurangnya umur hidup, semoga tahun depan makin banyak lagi pembelajaran yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply - No foul language and spam please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s