Tribute to My Father

Baru hari ini kepikiran, bagaimana caranya ayahku tahan bersama ibuku yang menurutku, seorang anak, berjiwa penyayang, akan tetapi pada kebanyakan hal cukup keras kepala dan intoleran, bahkan saat pada berada pada posisi yang *mungkin* salah sekalipun. Aku sudah tinggal dan dibesarkan oleh orang tuaku selama kurang lebih 20 tahun, dan ayahku… mungkin sudah bersama ibuku selama lebih dari 25 tahun. Sampai detik inipun, aku belum tahu kapan ayah dan ibuku menikah.

Bagiku, ayahku merupakan seseorang yang berjiwa penyabar, sangat penyabar, lagi-lagi, dalam pandanganku, seorang anak. Tiba-tiba terbesit pertanyaan dipikiranku, apakah aku sudah layak jadi seorang ayah– yang seperti ayahku? Langsung pikiranku menjawab tidak. Aku tidak memiliki kesabaran seperti ayahku. Ketika aku menceritakan tentang keinginanku untuk memenangi turnamen game, ayahku paling tidak mendengarkannya, apalagi setelah mengetahui timku masuk 32 besar nasional. Ibuku, di sisi lain, berkata pada suatu waktu, “Saya lebih tahu daripada kamu, saya tahu kenapa kamu bermuka seperti itu, karena kamu malas untuk ikut acara ini.” ketika aku bermuka cukup murung sehabis kalah turnamen. Aku tidak pernah senang dengan kekalahan, apalagi kekalahan konyol.

Aku tidak tahu sudah berapa kali aku melukai hati ayahku, mungkin puluhan, mungkin ratusan, tanpa aku sadari. Yang jelas, aku ingin sekali untuk membuat ayahku bangga, paling tidak sekali. Aku ingin membalas semua kebaikan dan kesabaran yang telah ia limpahkan kepadaku selama ini. Terima kasih, ayah. Ya Allah, sehatkanlah ayahku, dan berikanlah aku kekuatan untuk dapat membanggakan ayahku suatu hari nanti. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply - No foul language and spam please :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s